Investasi di Batam dan Keuntungannya

Investasi di Batam dan Keuntungannya

Perkembangan Pulau Batam dari tahun ke tahun makin pesat. Dulunya, Batam merupakan pulau yang masih sepi dan minim sekali penduduknya. Wajar saja, karena pada waktu itu Batam masih didominasi lanskap perbukitan dan hutan belantara di seantero pulaunya. Keadaan geografis ini membuat penduduknya bermata pencaharian di bidang pertanian maupun perikanan. Perlahan namun pasti, Batam mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat. Hal ini ditandai dengan masuknya Pertamina pada tahun 1970 yang menjadikan Batam menjadi salah satu tempat operasionalnya. Kepercayaan para investor dalam berinvestasi pun mulai deras mengalir, investasi di Batam menjadi semakin meningkat. Batam beralih rupa menjadi kawasan industri.

Batam menjadi spesial dibandingkan pulau-pulau lainnya. Letaknya yang sangat strategis dan berdekatan dengan Selat Malaka menjadikannya di jalur perdagangan internasional. Aktivitas lalu lintas barang tentunya juga akan lebih mudah dan cepat bila memiliki perusahaan di Batam. Keuntungan lainnya memilih Batam untuk berinvestasi adalah lokasinya yang dekat dengan Singapura. Dengan banyaknya perusahaan internasional yang bermukim di Singapura memberi dampak positif bagi iklim investasi di Batam. Hal ini sangat memungkinkan terjadinya kerjasama investasi dalam jumlah besar.

Hal menarik lainnya ketika berinvestasi di Batam adalah adanya insentif yang diberikan oleh pemerintah. Insentif adalah bentuk dukungan nyata yang diberikan pemerintah kepada para investor. Apabila berinvestasi di Batam maka Anda akan memperoleh insentif yang menggiurkan. Para investor akan menikmati pembebasan bea masuk atas mesin-mesin, bahan baku dan suku cadang. Tujuannya untuk merangsang percepatan produksi barang-barang ekspor. Ada pula pembebasan PPn dan PPnBM untuk mesin-mesin atau peralatan dan juga bahan baku serta suku cadang. Perjanjian kerjasama dengan 56 negara juga sudah ditandatangani untuk mencegah terjadinya pajak berganda.

Batam juga terus melakukan penguatan dan pembenahan di bidang infrastruktur. Tidak perlu muncul rasa khawatir terkait jaringan listrik. Penambahan daya listrik sudah dilakukan untuk memberikan jaminan saat proses produksi sedang berlangsung. Daya listrik yang terpasang sebesar 538.95 MW siap memberikan tenaga bagi mesin-mesin yang dijalankan. Tidak hanya sampai situ saja, jaringan komunikasi juga sudah menambah jaringannya dengan adanya kapasitas telepon sejumlah 111.700 line unit. Untuk permasalahan serat optik tak perlu diragukan pula dengan adanya internet back bone mencapai 1 Gbps. Bahkan BP Batam juga membuat tim IT yang siap melakukan pemulihan secara responsif terkait data. Apabila suatu saat terjadi bencana di Batam. Ekosistem yang dibangun ini sangat mendukung semangat industri 4.0 di Batam. Sehingga investor pun akan semakin dimanjakan dengan infrastruktur yang mumpuni.

Investasi di Batam dan Keuntungannya

Pesatnya pertumbuhan kawasan industri menandakan bahwa Batam memang membayar lunas kepercayaan para investor. Keuntungan lainnya berinvestasi di Batam adalah komitmen dari BP Batam untuk menjaga keseimbangan daerah hijau dengan kawasan industri. Ini bertujuan untuk mewujudkan Batam sebagai kota industri yang tetap ramah lingkungan. Pengelolaan limbah yang dilakukan juga sudah modern. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dibangun pun mampu memilah limbah biologis dan kimiawi dengan kecepatan 230 liter per detik. Sehingga proses pengolahan air limbah bisa lebih cepat dan tidak akan mencemari lingkungan sekitarnya. Garansi keamanan juga diberikan oleh BP Batam bagi para investor yang menanamkan modalnya di Batam. Keamanan menjadi aspek yang selalu menjadi perhatian dan ditingkatkan dari waktu waktu ke waktu.

Banyak sekali keuntungan berinvestasi di Batam. Selain memiliki lokasi strategis dan konektivitas dengan jalur internasional. Adanya insentif yang diberikan oleh pemerintah menjadi keunggulan lainnya yang semakin menguatkan langkah untuk investasi di Batam. Pajak yang membebani para investor pun dihapus. Dari segi kenyamanan tidak perlu lagi diragukan. Pembangunan infrastruktur digiatkan secara terus menerus untuk mendukung lancarnya aktivitas operasional perusahaan yang ada di Batam. Semangat untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat juga tidak ditinggalkan. Penyeimbangan kawasan industri dengan daerah hijau juga selalu dijaga. Keuntungan-keuntungan investasi di Batam sangatlah menggairahkan. Lalu kapan Anda akan memulai menanamkan investasi di Batam?

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Emergency Numbers

Nomor telepon Pemadam Kebakaran

PBK Batu Ampar

PBK Duriangkang

PBK Sekupang

PBK Sagulung

PBK Sei Panas

Nomor Telepon RS BP Batam

Fire Department phone number

Batu Ampar Fire Prevention Center

Duriangkang Fire Prevention Center

Sekupang Fire Prevention Center

Sagulung Fire Prevention Center

Sei Panas Fire Prevention Center

BP Batam Hospital Phone Number