Peluang Investasi di Batam Semakin Banyak Pilihan

Peluang Investasi di Batam Semakin Banyak Pilihan

Pertumbuhan ekonomi di Batam hingga pertengahan 2021 menunjukkan hal yang sangat baik, khususnya bagi para investor. Adanya kenaikan nilai ekspor menjadi penanda bahwa di saat pandemi, Batam masih bisa menunjukkan tajinya sebagai destinasi investasi. Menyumbang 79 persen dari total nilai ekspor di Kepulauan Riau, menjadikan Batam sebagai kekuatan ekonomi yang terbesar. Selain itu, adanya pencapaian perolehan target di bidang investasi juga sebuah prestasi yang luar biasa. Sebagai proyeksi pertumbuhan ekonomi di 2021, Anda dapat menyimak pertumbuhan ekonomi 2020. Pada 2020, BP Batam berhasil mencatatkan perolehan nilai investasi sebesar Rp22,3 triliun. Padahal awalnya hanya ditargetkan Rp14,6 triliun. Dengan adanya berbagai peningkatan dan sinyal positif yang ditunjukkan, memberi tanda bahwa peluang investasi di Batam masih sangat menjanjikan.

Adanya pertumbuhan perekonomian yang meningkat juga bertalian erat dengan semakin banyaknya kemunculan industri yang ada di Batam. Kehadiran industri di Batam merupakan faktor utama dalam menaikkan pertumbuhan ekonomi. Berbagai industri yang ada pun beraneka macam rupanya. Industri migas menjadi titik tolak lahirnya berbagai industri yang dapat Anda temui sampai sekarang ini. Industri berat hingga yang bergerak di bidang jasa dengan mudahnya dapat Anda jumpai. Peluang investasi di Batam semakin dibuka lebar oleh BP Batam untuk memikat hati investor di dalam dan luar negeri.

Peluang Investasi di Batam

Strategi nyata yang dilakukan oleh BP Batam dalam mewujudkan Batam sebagai destinasi investasi adalah dengan memperbanyak pilihan investor dalam berinvestasi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kemandegan di salah satu bidang investasi semata. Dengan adanya penambahan bidang investasi, akan berdampak pula terhadap nilai investasi. Pihak BP Batam juga merambah dan mengembangkan industri penerbangan. Secara spesifik bidang yang dilayani adalah MRO (maintenance, repair, and overhaul).

Mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2021 yang berisikan regulasi mengenai pembentukan KEK Batam Aero Technic. Tujuannya adalah untuk mendukung pengembangan wilayah Bintan, Karimun, dan Batam agar semakin maju. Selain itu, KEK merupakan perwujudan brown field project. Dalam prosesnya, KEK tersebut sebenarnya sudah memiliki infrastruktur yang memadai. Hanya saja membutuhkan pendanaan dari investor untuk mempercepat proses pengerjaan proyek dan industri yang berada di dalamnya.

Peluang investasi di Batam khususnya di bidang aviasi menjadi wahana baru bagi para investor. Menempati lahan seluas 30 hektar, KEK Batam Aero Technic juga terintegrasi dengan kawasan Bandar Udara Internasional Hang Nadim. Adanya integrasi yang terjadi di antara KEK dan bandar udara semakin memudahkan terjadinya pergerakan pesawat terbang yang akan menggunakan layanan MRO.

Peluang Investasi di Batam Semakin Banyak Pilihan (Infografis)

Pemanfaatan Batam yang berada di jalur dan kawasan strategis perlu dimaksimalkan. KEK Batam Aero Technic bercita-cita menjadi perintis industri MRO di kawasan Asia Pasifik. Target nilai bisnis yang ingin dicapai pada tahun 2025 sebesar 100 milyar dolar. Sedangkan pada tahun 2030, nilai investasinya diharapkan mencapai Rp 7,29 triliun. Tenaga kerja yang nantinya akan diserap sekitar 9.976 orang. KEK Batam Aero Technic juga akan menghidupkan sektor pendukung lainnya di bidang MRO. Berbagai lembaga pelatihan serta sekolah diharapkan akan bertumbuh seiring perkembangan KEK Batam Aero Technic.

Keberadaan KEK Batam Aero Technic merupakan sebuah upaya nyata dari BP Batam dalam memberikan pilihan berinvestasi. Industri penerbangan tidak hanya melulu berbicara mengenai pelayanan pada saat terbang. Di balik kenyamanan dan keselamatan pesawat terbang, dibutuhkan industri MRO. Sebuah industri yang menjadi nadi bagi keberlanjutan sebuah maskapai. Keterhubungan Hang Nadim dan KEK Batam Aero Technic merupakan sebuah modal berharga dalam membentuk industri MRO. KEK Batam Aero Technic sebuah peluang emas bagi Anda yang berminat berinvestasi di bidang aviasi. (*)

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Emergency Numbers

Nomor telepon Pemadam Kebakaran

PBK Batu Ampar

PBK Duriangkang

PBK Sekupang

PBK Sagulung

PBK Sei Panas

Nomor Telepon RS BP Batam

Fire Department phone number

Batu Ampar Fire Prevention Center

Duriangkang Fire Prevention Center

Sekupang Fire Prevention Center

Sagulung Fire Prevention Center

Sei Panas Fire Prevention Center

BP Batam Hospital Phone Number