Notice
Kerja Nyata

Beranda BP Batam

English  English

Beranda  |   Peta Situs  |   Tentang  |  Kontak


Tinggal di Batam
Tinggal di Batam

Jenis Perumahan

Home  >  Tinggal di Batam  >  Perumahan  >  Jenis Perumahan

Rumah

Hunian sektor properti di Indonesia mengalami perkembangan yang baik dalam beberapa waktu terakhir. Perkembangan tersebut tidak dapat dipisahkan dari beberapa faktor, seperti suku bunga, kondisi infrastruktur, dan gaya hidup. Diperlukan dukungan dari semua pihak untuk mempertahankan pertumbuhan ini.

Kebutuhan perumahan akan menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan perumahan Indonesia dperkirakan sebanyak 2.6 juta pertahun dan dperkirakan akan terus meningkat hingga seiring pertambahan jumlah penduduk. Setelah dua kali meraih Adipura, sekarang Batam kembali mengukir prestasi. Sebagai kota metropolitan, Batam juara pertama untuk mencapai kota terbaik untuk pembangunan perumahan dan permukiman untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia, dalam perlombaan Upaya Adi Pratama.

Pemenuhan kebutuhan perumahan merupakan salah satu kebutuhan dasar. Dengan demikian, total permintaan di sektor properti akan tumbuh. Kebutuhan tidak hanya karena dari keluarga baru, tetapi juga karena pada saat ini, kebutuhan perumahan yang besar. Untuk itu, diperlukan kondisi ekonomi yang kondusif, pembangunan infrastruktur yang lebih cepat, dan Kreativitas dari para pengembang untuk mengambil keuntungan dari situasi ini.

Pemerintah juga diharapkan dapat bergerak lebih cepat untuk memperbaiki lingkungan pajak, sumber daya keuangan, dan status kepemilikan dari sektor properti yang dapat bergerak dengan lebih optimal di masa depan. Peluang untuk Jual rumah untuk orang asing atau ekspatriat cukup terbuka di Batam. Ini umumnya rumah bagian tengah dan Mewah yang telah dikembangkan untuk memenuhi standar yang dikehendaki rumah ekspatriat. Perumahan di Batam mulai bergeser ke pinggiran kota, termasuk jembatan ke kawasan Barelang. Beberapa pengembang bahkan jauh-jauh hari datang untuk mengembangkan daerah.

Saat ini, puluhan telah dikembangkan oleh sejumlah pengembang perumahan di kawasan Barelang. Pemilihan daerah tersebut tidak tanpa alasan. Para pengembang telah melihat peluang untuk masa depan, terutama untuk melihat prospek dari Rempang dan Galang sebagai investasi.

Barelang kawasan juga menarik sejumlah perusahaan atau Shipyard galangan kapal, yang membayar hanya untuk mendapatkan izin untuk mengembangkan bisnis di Barelang. Tentu saja, banyak calon pekerja terserap, baik untuk pariwisata atau Shipyard, sehingga konsumen potensial adalah untuk para pengembang membangun perumahan bagi para pekerja di sektor tersebut.

RUKO ( Rumah Toko)

Ruko (singkatan dari rumah toko) adalah sebutan bagi bangunan-bangunan di Indonesia yang umumnya bertingkat antara dua hingga lima lantai, di mana lantai-lantai bawahnya digunakan sebagai tempat berusaha ataupun semacam kantor sementara lantai atas dimanfaatkan sebagai tempat tinggal. Ruko biasanya berpenampilan yang sederhana dan sering dibangun bersama ruko-ruko lainnya yang mempunyai desain yang sama atau mirip sebagai suatu kompleks. Ruko banyak ditemukan di kota-kota besar di Indonesia dan biasa ditempati warga-warga kelas menengah.

Di Batam terdapat banyak ruko yang sudah selesai dibangun maupun sedang dalam tahap pembangunan. Ada ruko Raflesia di daerah Batam Center, Ruko Sukajadi di daerah Sukajadi, Komplek Ruko Nagoya Newtown, dan ratusan komplek ruko lainnya yang siap dibeli dan disewa.


Apartemen

Apartemen merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Suatu gedung apartemen dapat memiliki puluhan bahkan ratusan unit apartemen. Istilah apartemen digunakan secara luas di Amerika Utara, sementara istilah flat digunakan di Britania Raya dan negara-negara persemakmuran.

Di Batam terdapat beberapa apartemen, seperti Melia Panorama Residence, Superblock Imperium, Harmoni Residence, dan lain-lain.


Villa

Sebuah vila awalnya adalah sebuah rumah kelas atas, walaupun sejak pertama kali diperkenalkan dan fungsi dari sebuah vila telah berkembang cukup pesat. Pada musim liburan, seperti tahun baru, imlek, lebaran, liburan sekolah serta weekend banyak orang yang mengunjungi villa. Kebanyakan villa menyediakan fasilitas hiburan seperti fasilitas olahraga, taman bermain anak-anak, tempat pemancingan, taman bunga, dan sarana rekreasi lain.

Ada beberapa villa di Batam, seperti Nongsa Point Villa, Villa Bukit Indah, dan lain-lain.


Kantor Pusat BP Batam
Jl. Sudirman No. 1 Batam Centre, Batam
Kepulauan Riau, Indonesia, 29400
Telp: (62-778)462047, 462048 Fax:(62-778)462240
email: inquiry@bpbatam.go.id
Kantor Perwakilan Jakarta
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24, Jakarta Timur
DKI Jakarta, Indonesia
Telp: (62-21)8580009, 8580010
Fax: (62-21)8580038
Kantor Penghubung Jepang
Shinsaibashi TOEI Building 7FI.4-12-22 Minami Semba
Chuo-ku, Osaka
Telp: (81-6)62536133 Fax:(81-6)62536134
email: batamosaka@alpha.ocn.ne.jp
Kantor Penghubung Singapura
111 North Bridge Road, Peninsula Plaza #21-01
Singapore, 179098
Telp: (65)67343411 Fax: (65)67348461
email: bidasin@yahoo.com