Badan Pengusahaan Batam Siap Layani Penumpang pada Periode Angkutan Nataru

Badan Pengusahaan (BP) Batam telah menyiapkan sejumlah langkah untuk memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi pengguna jasa pelabuhan di wilayah kerja BP Batam. Hal ini dilakukan demi memastikan, rangkaian kegiatan Natal tahun 2024 dan tahun baru 2025 (Nataru) berjalan dengan baik dan aman.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar, mengungkapkan bahwa berbagai upaya telah dilakukan untuk menghadapi periode angkutan liburan akhir tahun yang diprediksi akan mengalami peningkatan seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini, sesuai dengan arahan dari Kepala BP Batam Muhammad Rudi, untuk memberikan pelayanan maksimal bagi pemudik

“Kami telah mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana di pelabuhan, termasuk koordinasi secara intens dengan seluruh stakeholder pelabuhan, pengerahan personil tambahan serta penyiapan posko angkutan laut terpadu yang akan mendukung kelancaran arus penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru,” ujar Dendi, Senin (16/12/2024).

Dendi melanjutkan, BP Batam akan meyiapkan Posko Angkutan Laut Nataru yang akan dipusatkan di Terminal Ferry Domestik Punggur dan Terminal Ferry Domestik Sekupang. Kedua pelabuhan tersebut, merupakan pelabuhan yang dikelola langsung oleh Badan Usaha Pelabuhan BP Batam. Sedangkan Posko Angkutan Laut Nataru di Terminal Bintang 99 Persada untuk Kapal Pelni akan disediakan oleh pengelola pelabuhan.

Adapun pendirian Posko Angkutan Laut Nataru di tiga pelabuhan itu karena diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang cukup signifikan.

“Kami memperkirakan puncak lonjakan penumpang terjadi pada H-1 Natal di Terminal Ferry Domestik, sementara puncak lonjakan penumpang di Terminal Ferry Internasional terjadi di H-2 Natal. Badan Usaha Pelabuhan BP Batam berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa pelabuhan,” tambah Dendi.

Data yang dihimpun Badan Usaha Pelabuhan, menunjukkan bahwa sepanjang periode Nataru 2023 mulai H-7 Natal hingga H+7 Tahun Baru, terdapat 44.027 penumpang Kapal Pelni. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2022), jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 14%.

Sedangkan jumlah penumpang yang naik dan turun di Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur pada Nataru 2023 mencapai 144 Ribu orang, dan penumpang di Terminal Ferry Domestik Sekupang mencapai 106 Ribu orang. Arus penumpang di Terminal Ferry Internasional selama Nataru 2023 juga cukup ramai atau mencapai 341 ribu penumpang yang naik dan turun. Diprediksi angka ini akan mengalami peningkatan di musim libur Nataru 2024.

Dendi menambahkan, Badan Usaha Pelabuhan juga telah melakukan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan angkutan Laut Nataru 2024/2025 bersama mitra pengelola Terminal Ferry Internasional dan didukung oleh kolaborasi lintas instansi. Seperti KSOP Khusus Batam, KPU Bea Cukai Tipe B Batam, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Batam, Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Kepulauan Riau, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan, dan Pangkalan Utama TNI AL IV Batam untuk menjamin keselamatan dan kelancaran arus penumpang pada periode Nataru 2024/2025.

“Sinergi ini menjadi kunci utama dalam menjamin kelancaran dan keselamatan perjalanan selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Kami mengapresiasi dukungan semua pihak yang terlibat,” tutup Dendi. (EI)

Batam, 16 Desember 2024

Press Release
Lainnya

Batu Ampar Menuju Era Baru: BP Batam Sosialisasikan Penerapan Single Port Operator

Direktorat Pengelolaan Kepelabuhanan BP Batam bersama PT Batam Terminal Petikemas (BTP) menggelar Sosialisasi Penerapan Single Port Operator di Dermaga Utara Terminal Peti Kemas Batu Ampar di AP Premier Hotel, Kamis

5 Desember 2025

Kolaborasi BP Batam-OIKN Lewat FGD Perencanaan Infrastruktur

Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melangsungkan kolaborasi lewat pelaksanaan FGD Perencanaan Infrastruktur yang Modern, Handal, dan Berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari Kamis

5 Desember 2025

Kebocoran Pipa di Depan Panbil: Perbaikan Dilakukan Tanpa Penghentian Suplai Air

Kebocoran pipa transmisi di depan Panbil Plaza, Muka Kuning, dipastikan tidak berdampak terhadap pelanggan. Hal ini ditegaskan Direktur Badan Usaha SPAM, Fasilitas, dan Lingkungan, Iyus Rusmana, yang menyebut bahwa perbaikan

3 Desember 2025

BP Batam Tekankan Kepastian Usaha dan Peran Logistik dalam Pertumbuhan Ekonomi Batam

Badan Pengusahaan (BP) Batam menekankan peningkatan kepastian usaha dan pentingnya perbaikan logistik sebagai kunci daya saing Batam. Hal itu disampaikan Direktur Investasi, Dendi Gustinandar dalam forum Indonesia International Transport Summit

28 November 2025

RSBP Batam Raih Penghargaan Trusted Achievement Award 2025 di Yogyakarta

Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam (RSBP Batam) kembali menorehkan prestasi membanggakan pada ajang Trusted Achievement Award 2025 yang diselenggarakan oleh 5 Pilar Media Communication di Sahid Yogyakarta, Jumat (21/11/2025). Pada

27 November 2025

BP Batam Komitmen Benahi Pelayanan Perizinan, Dorong Kemudahan Berinvestasi

Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar kegiatan ramah tamah bersama para investor dan pelaku usaha pada Senin (24/11/2025). Pertemuan ini menjadi ruang dialog terbuka untuk menyampaikan perkembangan terbaru terkait PKKPRL serta

25 November 2025

Share:

Cari Informasi di BP Batam

Temukan layanan, Berita, atau informasi publik.