Batam, Kota Ramah Investasi dan Ramai Dikunjungi

Batam, Kota Ramah Investasi dan Ramai Dikunjungi

Dengan ragam pembangunan serta perkembangannya yang pesat, Kota Batam mewujud menjadi kawasan ramah investasi dan ramai dikunjungi.

Citra ini pun terbentuk berkat keseriusan Badan Pengusahaan (BP) Batam, dalam mengembangkan kawasan ini. Kehadiran berbagai infrastruktur seperti bandara dan pelabuhan, menjadikan Batam memiliki akses mudah untuk dicapai.

Ini menjadi penting lantaran aksesiblitas jadi faktor utama untuk mendatangkan banyak hal ke sebuah kawasan. Poin yang sudah disiapkan sejak lama oleh BP Batam. Dari sisi udara, Bandara Hang Nadim telah dibangun pada awal 1970-an, begitu pula dengan pelabuhan barang, domestik, dan internasional.

Alhasil, pergerakan penumpang di bandara dan pelabuhan pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada data 2 tahun terakhir misalnya, angka penumpang baik yang datang maupun berangkat via Bandara Internasional Hang Nadim mengalami peningkatan.

Pada 2022, penumpang yang datang mencapai 1.768.723 orang dan angka keberangkatan berjumlah 1.665.161 jiwa. Lalu pada 2023, jumlah penumpang datang sebanyak 1.990.697 orang dan angka keberangkatan berjumlah 1.921.468 jiwa. Jumlah ini pun meningkat sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya.

Sedangkan dari sisi laut, Kota Batam mencatatkan angka impresif terkait jumlah penumpang kapal baik domestik maupun internasional. Di sisi lain, menggeliatnya pembangunan Batam yang masif, turut berimbas pada peningkatan jumlah penumpang kapal yang mencapai 8.1 juta orang.

Angka ini meningkat sebesar 48 persen dibandingkan capaian pada tahun 2022 sebesar 5,4 Juta penumpang. Jika dirinci, dari total 8,1 juta penumpang datang dan berangkat, 55 persen di antaranya atau sekitar 4,4 juta penumpang merupakan penumpang yang melewati pelabuhan internasional. Antara lain Terminal Ferry Internasional Batam Centre, Terminal Ferry Internasional Sekupang, Terminal Ferry Internasional Nongsapura, Terminal Ferry Internasional Harbour Bay, dan Terminal Ferry Internasional Teluk Senimba.

Jumlah penumpang terbanyak berasal dari Terminal Ferry Internasional Batam Centre yakni sebesar 2,6 juta, disusul Terminal Ferry Internasional Harbour Bay sebesar 1,3 juta penumpang. Sedangkan dari total 3,6 juta penumpang datang dan berangkat, 49 persen di antaranya berasal dari Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur dan 33 persen dari Terminal Ferry Domestik Sekupang.

Kedatangan jutaan orang ke Batam ini tentunya berdampak pada banyak sektor, utamanya investasi dan perekonomian. Dua hal yang dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukkan angka positif.

Untuk itu, BP Batam kemudian secara serius membangun segala infrastruktur yang dibutuhkan guna menjadikan Batam tidak hanya ramah bagi investasi, tetapi juga nyaman untuk dikunjungi.

Tidak hanya itu, bahkan hingga 2025 mendatang, BP Batam telah merencanakan beberapa prioritas pembangunan Batam. Di mulai dari pengembangan wilayah dalam rangka mengurangi kesenjangan serta menjamin pemerataan ekonomi, pemulihan investasi khususnya terhadap empat sektor prioritas yang terdiri dari manufaktur; jasa dan pengembangan jasa kesehatan, UMKM serta industri kreatif, dan logistik.

Kemudian sektor-sektor lainnya yang menyasar kepada utilitas perkotaan, pemerataan sarana transportasi, dan pengembangan infrastruktur pendukung kemajuan investasi. Teranyar, pembangunan Fly Over Sei Ladi yang direncanakan rampung akhir 2024 ini, dan pengembangan Rempang Eco-City yang diproyeksikan menjadi the new engine of Indonesia’s economic growth.

Segala pembangunan ini jadi bentuk keseriusan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, menjadikan Batam terus berkembang, maju, dan modern sebagaimana yang diinginkan. Lewat kebijakan dan pembangunan strategis yang sudah dilakukan, kini Batam mewujud menjadi kawasan ramah investasi dan menarik untuk dikunjungi.

Artikel Lainnya

Kedeputian Bidang Pelayanan Umum: Fokus Peningkatan Kualitas Layanan untuk Kesejahteraan Masyarakat Batam dan Pelaku Usaha

Pelayanan publik yang andal merupakan fondasi utama dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat sekaligus meningkatkan daya saing ekonomi suatu daerah. Sebagai kawasan strategis nasional dan pusat pertumbuhan ekonomi, Batam membutuhkan layanan publik

12 November 2025

Kedeputian Bidang Kebijakan Strategis dan Perizinan: Ciptakan Regulasi untuk Kemajuan Batam

Sebagai lembaga yang memiliki mandat untuk mengembangkan dan mengelola kawasan strategis nasional, BP Batam terus memperkuat fondasi kebijakan dan tata kelola perizinan guna mendukung arah pembangunan yang berkelanjutan. Di bawah

12 November 2025

Optimalisasi Pemanfaatan Ruang: Rumusan Strategis Kedeputian Bidang Pengelolaan Lahan, Pesisir, dan Reklamasi dalam Pembangunan Batam Berkelanjutan

Sebagai kawasan strategis nasional sekaligus pintu gerbang investasi Indonesia di level global, Batam mengemban tanggung jawab besar dalam memastikan tata kelola ruang yang adaptif terhadap laju pertumbuhan ekonomi dan perkembangan

12 November 2025

54 Tahun Badan Pengusahaan (BP) Batam: Wujudkan Batam sebagai Kawasan Strategis Ekonomi yang Berkelanjutan

Tahun ini menjadi momentum bersejarah bagi BP Batam yang telah memasuki usia 54 tahun sejak pertama kali dibentuk sebagai motor penggerak pembangunan Pulau Batam. Dari pulau kecil di perbatasan, Batam

12 November 2025

Keterbukaan Informasi Publik : Pilar Transparansi BP Batam

Dalam era modern saat ini, keterbukaan informasi publik menjadi salah satu aspek penting bagi kementerian/lembaga khususnya di lingkungan pemerintahan. Keterbukaan informasi tidak hanya memperkuat akuntabilitas, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat,

12 November 2025

Infrastruktur Batam 2025 : Fondasi Mobilitas dan Pertumbuhan Ekonomi

Batam sebagai pusat industri, perdagangan, dan investasi internasional terus memperkuat daya saingnya melalui pembangunan infrastruktur transportasi darat. Jalan raya menjadi tulang punggung konektivitas kota, menghubungkan kawasan industri, pelabuhan, bandara, pusat

12 November 2025

Share:

Cari Informasi di BP Batam

Temukan layanan, Berita, atau informasi publik.