KEK Batam Nongsa Digital Park Siap Sambut Industri Digital

Keberadaan teknologi yang berjalan beriringan dengan peradaban manusia, membawa dampak positif. Dengan adanya teknologi, kebutuhan manusia menjadi semakin dipermudah. Semakin hari, teknologi juga membawa perubahan pada dunia usaha. Sehingga, Anda sering kali mendengar tentang adanya industri digital. Ada peluang yang sangat besar untuk menanamkan modal di bidang tersebut. Potensi yang sangat besar ini juga dimanfaatkan dengan membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam Nongsa Digital Park. Sebuah kawasan yang menggarap peluang investasi di bidang industri digital.

Industri digital saat ini menjadi sektor unggulan di seluruh penjuru dunia. Setiap negara berlomba-lomba untuk membuatnya. Tak terkecuali di Indonesia, setiap tahunnya terjadi peningkatan yang drastis di industri digital. Pertumbuhan industri ekonomi digital setiap tahunnya bisa mencapai angka 40%. Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Keuangan, hingga tahun 2025, pertumbuhan di bidang industri digital diprediksi bisa mencapai Rp 1.820 triliun. Bahkan pada tahun 2019, nilai ekonomi digital telah mencapai Rp 560 triliun.

Mengenal KEK Batam Nongsa Digital Park

KEK Batam Nongsa Digital Park sengaja diciptakan untuk memberikan keleluasaan investasi di bidang industri digital. Singapura sebagai negara tetangga menyambut baik dengan adanya kawasan tersebut. Nantinya, Batam akan menjadi digital hub antara pihak Indonesia dengan Singapura bahkan dunia. Ke depannya perusahaan dari Singapura yang bermukim di Batam tidak lagi bergerak di bidang manufaktur dan elektronik. Namun, nantinya perusahaan dengan basis teknologi informasi yang lebih banyak bermunculan.

Industri digital yang digagas di KEK Batam Nongsa Digital Park juga berkaitan erat dengan konsep yang sedang direncanakan yaitu menjadi aerocity. Arus lalu lintas barang yang masuk dan keluar dari Batam dengan volumenya yang meningkat setiap tahunnya, menjadikan sebuah keuntungan tersendiri. Bandara Udara Hang Nadim juga tengah disiapkan melayani angkutan kargo. Adanya industri digital akan menarik banyak investor, khususnya e-commerce. Sinergi antara industri digital dengan kargo menjadi sebuah tawaran bagi para investor. Anda sebagai investor juga akan lebih leluasa untuk membuka kantor atau perwakilannya di Nongsa Digital Park. Dukungan infrastruktur untuk industri digital sudah disiapkan oleh pemerintah untuk memacu geliat industri yang ada di Nongsa Digital Park.

KEK Batam Nongsa Digital Park Siap Sambut Industri Digital

Sejalan dengan program yang digencarkan oleh pemerintah pusat. KEK Batam Nongsa Digital Park juga sebagai tempat berkumpulnya industri startup. Iklim industri digital serta ekonomi kreatif yang sudah disiapkan oleh pemerintah di Nongsa Digital Park akan semakin memicu pertumbuhan ekonomi digital. Selain itu, efek lainnya dari adanya industri digital di Batam adalah akan terwujud transfer ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat Batam. Serapan angkatan kerja juga tentunya akan meningkat. Mengingat potensi lapangan kerja yang dihasilkan dari perkembangan industri digital juga akan bertambah.

Dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk mengoptimalkan industri digital yang ada di Batam. Dibutuhkan link and match antara kebutuhan dunia industri digital dengan sumber daya manusianya. Ini menjadi tantangan bagi institusi pendidikan dalam menyediakan tenaga kerja yang berkompeten. Peran pemerintah, baik pusat maupun daerah, juga dibutuhkan dalam mengembangkan kawasan tersebut. Selaku regulator, pemerintah diharapkan membuat aturan yang “ramah” kepada investor. Selain sebagai regulator, pemerintah juga berperan sebagai fasilitator. Menyediakan kebutuhan para investor industri digital. Upaya ini dilakukan untuk merangsang agar pertumbuhan ekonomi digital sesuai dengan proyeksi yang sudah ditetapkan. Sekali lagi, KEK Batam Nongsa Digital Park adalah sebuah kawasan yang disiapkan untuk menyambut industri digital. Sudah siapkah Anda bergabung menyambut investasi yang cerah di masa depan? (*)

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Emergency Numbers

Nomor telepon Pemadam Kebakaran

PBK Batu Ampar

PBK Duriangkang

PBK Sekupang

PBK Sagulung

PBK Sei Panas

Nomor Telepon RS BP Batam

Fire Department phone number

Batu Ampar Fire Prevention Center

Duriangkang Fire Prevention Center

Sekupang Fire Prevention Center

Sagulung Fire Prevention Center

Sei Panas Fire Prevention Center

BP Batam Hospital Phone Number