Keterbukaan Informasi Publik : Pilar Transparansi BP Batam

Dalam era modern saat ini, keterbukaan informasi publik menjadi salah satu aspek penting bagi kementerian/lembaga khususnya di lingkungan pemerintahan. Keterbukaan informasi tidak hanya memperkuat akuntabilitas, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat, investor, dan mitra kerja terhadap setiap kebijakan dan program yang dijalankan.

Keterbukaan informasi publik merupakan hak fundamental bagi setiap warga negara, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Komitmen BP Batam Terhadap Keterbukaan Informasi

Sebagai wujud komitmen terhadap keterbukaan informasi, sejak tahun 2010 BP Batam telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertugas mengelola dan menyediakan informasi publik. Dengan inovasi dari tahun ke tahun secara berkesinambungan, PPID BP Batam senantiasa aktif dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan pelaku usaha dan masyarakat, baik melalui website resmi, media sosial, maupun layanan informasi publik lainnya.

BP Batam juga terus berkomitmen untuk memberikan akses informasi yang mudah, cepat, dan akurat bagi masyarakat. Melalui pelayanan informasi publik yang bergerak di bawah koordinasi PPID BP Batam, berbagai data dan dokumen yang bersifat strategis dan relevan dapat diakses secara terbuka sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Akses Mudah Pelayanan Informasi Publik

Pemohon informasi dapat memanfaatkan berbagai kanal layanan:

  • Layanan Tatap Muka:
    • Meja Layanan Informasi, Kantor BP Batam cq. Bagian Protokol dan Humas, Gedung Marketing Centre, Jalan Ibnu Sutowo No.1, Batam Centre, Kota Batam, 29400.
  • Layanan Daring:
  • Layanan Melalui Pos:
    Layanan ini dapat pula ditujukan lewat jasa pos yang ditujukan kepada PPID BP Batam cq. Bagian Protokol dan Humas, Gedung Marketing Centre, Jalan Ibnu Sutowo No.1, Batam Centre, Kota Batam, 29400.

Selain itu, pelayanan juga tersedia melalui Pusat Data dan Sistem Informasi BP Batam, Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan Direktorat Investasi BP Batam.

Pilar Transparansi BP Batam

Ketersediaan dan aksesibilitas informasi yang jelas, akurat, dan relevan kepada publik, memungkinkan seluruh pihak untuk saling berkolaborasi serta mendorong terwujudnya transparansi dan tata kelola yang baik (good governance) di lingkungan BP Batam. 

Berbekal transparansi dan good governance, hal ini menjadi fondasi penting dalam membangun Batam sebagai kota modern, dinamis, dan berdaya saing tinggi.

Dengan raihan penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia dengan kualifikasi Badan Publik Informatif selama 4 tahun berturut-turut sejak 2021 hingga 2024, BP Batam terus berbenah dan berinovasi dalam memudahkan aksesibilitas informasi bagi masyarakat maupun pelaku usaha.Statement Kepala BP Batam, Amsakar Achmad:
“Komitmen kami untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan pelaku usaha, salah satunya melalui kemudahan akses informasi agar seluruh elemen dapat berkolaborasi serta berkontribusi membawa kemajuan bagi Kota Batam”

Uncategorized
Lainnya

Kedeputian Bidang Pelayanan Umum: Fokus Peningkatan Kualitas Layanan untuk Kesejahteraan Masyarakat Batam dan Pelaku Usaha

Pelayanan publik yang andal merupakan fondasi utama dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat sekaligus meningkatkan daya saing ekonomi suatu daerah. Sebagai kawasan strategis nasional dan pusat pertumbuhan ekonomi, Batam membutuhkan layanan publik

12 November 2025

Optimalisasi Pemanfaatan Ruang: Rumusan Strategis Kedeputian Bidang Pengelolaan Lahan, Pesisir, dan Reklamasi dalam Pembangunan Batam Berkelanjutan

Sebagai kawasan strategis nasional sekaligus pintu gerbang investasi Indonesia di level global, Batam mengemban tanggung jawab besar dalam memastikan tata kelola ruang yang adaptif terhadap laju pertumbuhan ekonomi dan perkembangan

12 November 2025

54 Tahun Badan Pengusahaan (BP) Batam: Wujudkan Batam sebagai Kawasan Strategis Ekonomi yang Berkelanjutan

Tahun ini menjadi momentum bersejarah bagi BP Batam yang telah memasuki usia 54 tahun sejak pertama kali dibentuk sebagai motor penggerak pembangunan Pulau Batam. Dari pulau kecil di perbatasan, Batam

12 November 2025

Infrastruktur Batam 2025 : Fondasi Mobilitas dan Pertumbuhan Ekonomi

Batam sebagai pusat industri, perdagangan, dan investasi internasional terus memperkuat daya saingnya melalui pembangunan infrastruktur transportasi darat. Jalan raya menjadi tulang punggung konektivitas kota, menghubungkan kawasan industri, pelabuhan, bandara, pusat

12 November 2025

Penanganan Banjir di Batam: Komitmen Bersama BP Batam dan Pemko Batam Mewujudkan Kota Bebas Banjir

Banjir menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi Kota Batam dalam beberapa tahun terakhir. Selain menimbulkan kerugian material, banjir juga mengganggu kenyamanan dan produktivitas masyarakat. Menyadari hal ini, Badan Pengusahaan

12 November 2025

Realisasi Investasi Semester I 2025: Momentum Pertumbuhan Ekonomi Batam

Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) mencatat capaian positif dalam realisasi investasi pada Semester I Tahun 2025. Data terkini menunjukkan bahwa arus investasi ke Batam tumbuh stabil dan solid, meskipun dinamika

12 November 2025

Share:

Cari Informasi di BP Batam

Temukan layanan, Berita, atau informasi publik.