Izin Peralihan dan Perpanjangan Hak Atas Tanah Semakin Mudah Lewat LMS Online

Izin Peralihan dan Perpanjangan Hak Atas Tanah Semakin Mudah Lewat LMS Online

Sebagai otoritas yang bertanggung jawab mengembangkan kawasan Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam terus berkembang dan berinovasi dalam banyak aspek. Mulai dari pengembangan infrastrtuktur, peningkatan utilitas hingga inovasi pelayanan.

Salah satu aspek yang mencolok ialah layanan berupa Land Management System (LMS) Online. Sebuah inovasi pelayanan untuk pengurusan dan perizinan pertanahan di kawasan Batam. Dengan LMS Online, pemohon perizinan dapat mengurus segala administrasi dengan lebih mudah dan efisien. Utamanya Pelayanan Izin Peralihan Hak dan Pelayanan Perpanjangan Hak Atas Tanah.

Kedua layanan itu dapat dengan mudah diakses kapanpun dan di manapun pengguna berada. Melalui LMS Online, pemohon perizinan pertanahan dapat mengakses informasi tentang regulasi, persyaratan, dan prosedur pengurusan perizinan dengan cepat dan transparan. Prosesnya yang dilakukan secara elektronik, diharapkan meminimalisir adanya kesalahan atau kekeliruan.

Melalui LMS Online, pemohon Pelayanan Izin Peralihan Hak dan Pelayanan Perpanjangan Hak Atas Tanah, dapat melihat segala persyaratan, alur perizinan, standar waktu pelayanan, hingga tarif yang diperlu dikeluarkan.

Sejauh persyaratan terpenuhi, pemohon pun dapat langsung mengajukan permohonan dengan alur perizinan yang amat mudah. Dimulai dari Registrasi Permohonan, lalu Verifikasi Permohonan, kemudian Terbit Faktur. Ketiga proses ini diproses maksimal 5 hingga 15 hari kerja hingga terbit faktur/dokumen.

Lalu setelah Terbit Faktur, pengguna harus melakukan Pembayaran Faktur, dan terakhir Terbit Faktur. Sebuah layanan singkat dan sederhana yang dapat selesai kurang dari seminggu. LMS Online juga menyediakan helpdesk sebagai sarana yang dapat digunakan pengguna untuk memperdalam informasi mengenai lahan atau menanyakan sesuatu berupa layanan lahan.

Pelayanan Izin Peralihan Hak merupakan layanan persetujuan yang diterbitkan oleh BP Batam atas permohonan Pengguna Tanah untuk mengalihkan hak atas tanahnya kepada pihak lain. Sementara Pelayanan Perpanjangan Hak Atas Tanah adalah penambahan jangka waktu berlakunya sesuatu hak tanpa mengubah syarat-syarat dalam pemberian hak tersebut.

Kedua layanan dalam LMS Online yang kian praktis dan sederhana ini, diharapkan memudahkan pelaku usaha serta masyarakat mencari informasi tentang lahan. Layanan ini memiliki peran penting dalam memudahkan investasi di Batam, terutama dalam sektor pertanahan. Proses perizinan yang efisien dan cepat memungkinkan pelaku usaha memulai proyek tanpa terkendala oleh birokrasi yang rumit.

Pemohon hanya perlu mengunjungi laman resmi LMS Online Batam di laman lms.bpbatam.go.id untuk membuat akun pengguna. Setelah itu, pemohon dapat mengisi formulir online dan melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Proses pengajuan permohonan akan dilakukan secara elektronik dan pemohon dapat memantau perkembangan permohonannya melalui portal LMS. Sebuah inovasi pelayanan yang benar-benar melayani dan memangkas waktu pengurusan.

Segala kemajuan dan inovasi ini pun tak lepas dari peran Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, yang menekankan pentingnya transparansi dalam proses perizinan. LMS Online harus memberikan informasi yang jelas dan mudah diakses oleh pelaku usaha maupun masyarakat umum. Dengan demikian, proses pengurusan perizinan pertanahan di Batam dapat berjalan dengan lebih adil dan terbuka.

LMS Online adalah layanan inovatif dalam pengurusan dan perizinan pertanahan yang diharapkan dapat mendorong investasi dan mempercepat pembangunan di Kota Batam. Dengan terus mengembangkan layanan LMS Online dan meningkatkan kualitas layanannya, Batam menjadi contoh dalam penerapan teknologi pengurusan perizinan pertanahan di Indonesia.

Artikel Lainnya

Kedeputian Bidang Pelayanan Umum: Fokus Peningkatan Kualitas Layanan untuk Kesejahteraan Masyarakat Batam dan Pelaku Usaha

Pelayanan publik yang andal merupakan fondasi utama dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat sekaligus meningkatkan daya saing ekonomi suatu daerah. Sebagai kawasan strategis nasional dan pusat pertumbuhan ekonomi, Batam membutuhkan layanan publik

12 November 2025

Kedeputian Bidang Kebijakan Strategis dan Perizinan: Ciptakan Regulasi untuk Kemajuan Batam

Sebagai lembaga yang memiliki mandat untuk mengembangkan dan mengelola kawasan strategis nasional, BP Batam terus memperkuat fondasi kebijakan dan tata kelola perizinan guna mendukung arah pembangunan yang berkelanjutan. Di bawah

12 November 2025

Optimalisasi Pemanfaatan Ruang: Rumusan Strategis Kedeputian Bidang Pengelolaan Lahan, Pesisir, dan Reklamasi dalam Pembangunan Batam Berkelanjutan

Sebagai kawasan strategis nasional sekaligus pintu gerbang investasi Indonesia di level global, Batam mengemban tanggung jawab besar dalam memastikan tata kelola ruang yang adaptif terhadap laju pertumbuhan ekonomi dan perkembangan

12 November 2025

54 Tahun Badan Pengusahaan (BP) Batam: Wujudkan Batam sebagai Kawasan Strategis Ekonomi yang Berkelanjutan

Tahun ini menjadi momentum bersejarah bagi BP Batam yang telah memasuki usia 54 tahun sejak pertama kali dibentuk sebagai motor penggerak pembangunan Pulau Batam. Dari pulau kecil di perbatasan, Batam

12 November 2025

Keterbukaan Informasi Publik : Pilar Transparansi BP Batam

Dalam era modern saat ini, keterbukaan informasi publik menjadi salah satu aspek penting bagi kementerian/lembaga khususnya di lingkungan pemerintahan. Keterbukaan informasi tidak hanya memperkuat akuntabilitas, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat,

12 November 2025

Infrastruktur Batam 2025 : Fondasi Mobilitas dan Pertumbuhan Ekonomi

Batam sebagai pusat industri, perdagangan, dan investasi internasional terus memperkuat daya saingnya melalui pembangunan infrastruktur transportasi darat. Jalan raya menjadi tulang punggung konektivitas kota, menghubungkan kawasan industri, pelabuhan, bandara, pusat

12 November 2025

Share:

Cari Informasi di BP Batam

Temukan layanan, Berita, atau informasi publik.