Tata Cara Berinvestasi di Batam

Tata Cara Berinvestasi di Batam

Batam dengan sejuta pesona investasinya masih menjadi daya tarik bagi para calon investor di seluruh dunia. Salah satu pemikatnya adalah adanya kemudahan tata cara berinvestasi di Batam. Tidak berhenti sampai di situ saja, para calon investor akan mendapatkan dukungan penuh dari pihak terkait untuk menanamkan modalnya. Tidak hanya mengandalkan lokasinya yang strategis, Batam juga menyediakan iklim investasi yang bersahabat bagi para calon investor maupun investor. Inovasi kebijakan-kebijakan yang tepat guna dan sasaran diberlakukan untuk menaikkan animo para investor.

Keuntungan lain berinvestasi di Batam adalah adanya fasilitas modern yang dibangun mengikuti kebutuhan zaman. Pembangunan infrastruktur yang mendukung kelancaran industri juga semakin menjadi prioritas. Bandar udara dan pelabuhan ditingkatkan kualitas dan sistemnya agar dapat menerima lonjakan volume barang. Belum lagi adanya penambahan Kawasan Ekonomi Khusus yang siap menerima gelontoran investasi dari para investor yang memiliki ketertarikan pada bidang tertentu. Berbagai keuntungan tersebut akan bisa dinikmati jika Anda mengetahui dengan tepat cara berinvestasi di Batam.

Simak Tata Cara Berinvestasi di Batam

Investasi berhubungan erat dengan perizinan yang berlaku di setiap wilayah. Perizinan adalah aspek legal formal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan usaha. Batam juga mengharuskan setiap pemilik usaha memiliki legalitas. Proses mengurus izin investasi di Batam sudah sangat mudah, cepat, dan nyaman. Apabila Anda ingin berinvestasi di Batam, ada 2 instansi yang membantu dalam pengurusan izin investasi. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di bawah Pemerintah Kota Batam. Tugas utamanya adalah untuk memberikan izin kepada para pemohon, baik yang bertujuan untuk investasi ataupun tidak.

Perizinan yang dilayani oleh DPMPTSP lebih menitikberatkan kepada izin dasar untuk mendirikan usaha. Terdapat dua bidang besar perizinan yang dilayani. Pertama, bidang perizinan ekonomi dan sosial. Kedua, bidang perizinan pembangunan dan lingkungan hidup. Bidang perizinan ekonomi dan sosial akan memberikan perizinan berkaitan dengan usaha atau investasi yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi dan sosial. Misalnya saja pendirian waralaba, perizinan penelitian, mendirikan sekolah, dan berbagai hal yang lainnya.

Bidang perizinan pembangunan dan lingkungan hidup memiliki fungsi berbeda dengan bidang sebelumnya. Pelayanan izin yang diberikan meliputi izin lingkungan, di antaranya adalah UKL/UPL, AMDAL, SPPL, IMB atau juga izin konstruksi. Dalam prosesnya, setiap perizinan memiliki perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk memprosesnya. Biasanya perizinan di bidang ini mencakup industri dalam skala besar dan memiliki dampak kepada lingkungan hidup.

BP Batam juga mengemban amanah untuk memberikan perizinan bagi calon investor. Dalam hal ini, BP Batam lebih berfokus kepada pemberian izin lokasi, terutama yang berada di Kawasan Bebas Batam. Perizinan terkait lokasi tidak dapat berdiri sendiri, dibutuhkan kerja sama dengan Pemerintah Kota Batam melalui DPMPTSP untuk memberikan izin lokasi. Perizinan yang dikeluarkan akan saling melengkapi satu sama lain. Dengan demikian, perizinan yang diberikan akan menjadi menyeluruh dan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Tata Cara Berinvestasi di Batam

Cara berinvestasi di Batam sangatlah mudah untuk dilakukan. Seperti menjentikkan jari tangan, karena sekarang sudah berada di genggaman Anda. DPMPTSP dan BP Batam bersepakat memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna layanan perizinan. Kedua instansi menggunakan sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Adanya layanan ini membuat pelayanan perizinan investasi menjadi terpadu. Permohonan perizinan juga dilakukan secara daring.

Para calon investor dan investor tidak lagi dibatasi jarak dan waktu. Anda dapat melakukan unggah berkas yang dibutuhkan kapan pun dan di mana pun. Berbagai keuntungan yang sudah disebutkan di atas tentunya menjadi alasan kuat untuk segera menanamkan modal di Batam. Perizinan terkait investasi juga sudah berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Teknologi informasi menjadi sendi dalam mengurus izin yang akan dikeluarkan. Dengan segala kemudahan dan keuntungan yang ada di Batam, apakah Anda masih memiliki keraguan untuk menanamkan modal di kota yang merupakan surganya investasi? Tunggu apa lagi?

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Nomor telepon Pemadam Kebakaran

PBK Batu Ampar

PBK Duriangkang

PBK Sekupang

PBK Sagulung

PBK Sei Panas

Nomor Telepon RS BP Batam