Penyesuaian Jam Kerja Tak Kurangi Layanan, Produktifitas dan Kinerja Pegawai BP Batam

Penyesuaian jam kerja tersebut dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 6 Tahun 2023, tentang Jam Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara pada Bulan Ramadhan 1444 H di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Kemudian dilanjutkan dengan adanya Disposisi Kepala Badan Pengusahaan Batam atas nota dinas Kepala Biro Sumber Daya Manusia nomor 292 tanggal 21 Maret 2023. Mengenai Usulan Penyesuaian Jam Kerja pada Bulan Suci Ramadan 1444 H di lingkungan BP Batam.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengimbau kepada seluruh pegawai BP Batam agar terus meningkatkan etos kerja di Bulan Suci Ramadan ini, guna mendukung pembangunan yang kini sedang gencar dilakukan.

“Seperti yang saya sampaikan di awal, Batam ini sedang dibangun. Jika pembangunan cepat, ekonomi juga akan berkembang dan warga Batam akan menikmatinya,” kata Rudi.

Menurutnya, jika kolektivitas sudah terbangun secara utuh, proses pembangunan juga akan berjalan dengan lancar dan cepat.

“Maka Batam Kota Baru akan segera terwujud,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) BP Batam, Lilik Lujayanti mengatakan, penyesuaian jam kerja tersebut mencakup unit kerja yang memberlakukan lima hari kerja dan enam hari kerja.

Dengan adanya penyesuaian jam kerja itu, waktu kerja pegawai di lingkungan BP Batam tentunya lebih singkat dari hari biasanya.

“Meski ada penyesuaian jam kerja, sesuai arahan dari pak Kepala BP Batam Muhammad Rudi untuk tidak mengurangi pelayanan, produktifitas dan kinerja,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bagi unit kerja yang berlakukan lima hari kerja, hari Senin hingga Kamis dijadwalkan mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Sementara hari Jumat pukul 08.00-15.30 WIB.

“Istirahat siang itu tidak ada makan siang, tetapi hanya ada istirahat sholat setengah jam dari jam 12.00 sampai 12.30. Kemudian, hari Jumat pulangnya 15.30 karena ada sholat Jumat, jadi lebih panjang. Jam istirahatnya itu dari 12.00 sampai 13.00. Itu untuk yang 5 hari kerja,” jelasnya.

Sementara untuk unit kerja yang berlakukan enam hari kerja, hari Senin hingga Kamis dan Sabtu, dijadwalkan mulai pukul 08.00-14.00. Begitu juga dengan hari Jumat, mulai pukul 08.00-14.00. Sementara untuk jam istirahat, tidak ada perbedaan dengan unit kerja yang berlakukan lima hari kerja.

“Pada prinsipnya kita menghargai pegawai yang menjalani puasa. Namun, kita harus mengutamakan pelayanan maksimal kepada masyarakat, karena BP Batam adalah salah satu instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Khusus kepada unit-unit pelayanan, seperti RSBP Batam, Bandara Internasional Hang Nadim, Direktorat Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal, maupun Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan dapat menyesuaikan jadwal kerja masing-masing sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Jangan sampai dengan berpusa, mengurangi kuantitas dan kualitas pelayanan. Kita tetap mengharapkan, mereka melaksanakan pekerjaan sesuai dengan standart pelayanan di BP Batam,” katanya.

Dengan adanya penyesuaian jam kerja ini, Lilik kembali berpesan untuk tetap menjaga produktifitas meskipun tengah menjalankan ibadah puasa. Sebab, seluruh pegawai tentunya mempunyai target kinerja yang sama seperti hari biasa.

“Mudah-mudahan, teman-teman dapat dua-duanya. Pahalanya dapat, mengabdi juga dapat. Karena kita bagian dari itu,” katanya.

Ia menambahkan, kepada masyarakat agar dapat menyesuaikan dan mengakses layanan di BP Batam sesuai jam kerja yang telah diatur. Sebab, pada bulan Ramadan nanti, jam pelayanan akan lebih singkat dari hari biasanya.

“Tetapi kami harapkan adanya penyesuaian tadi, masyarakat dapat menyesuaikan pada jam pelayanan,” imbuhnya. (EI)

Batam, 21 Maret 2023

Informasi, Press Release
Lainnya

Batu Ampar Menuju Era Baru: BP Batam Sosialisasikan Penerapan Single Port Operator

Direktorat Pengelolaan Kepelabuhanan BP Batam bersama PT Batam Terminal Petikemas (BTP) menggelar Sosialisasi Penerapan Single Port Operator di Dermaga Utara Terminal Peti Kemas Batu Ampar di AP Premier Hotel, Kamis

5 December 2025

Kolaborasi BP Batam-OIKN Lewat FGD Perencanaan Infrastruktur

Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melangsungkan kolaborasi lewat pelaksanaan FGD Perencanaan Infrastruktur yang Modern, Handal, dan Berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari Kamis

5 December 2025

Kebocoran Pipa di Depan Panbil: Perbaikan Dilakukan Tanpa Penghentian Suplai Air

Kebocoran pipa transmisi di depan Panbil Plaza, Muka Kuning, dipastikan tidak berdampak terhadap pelanggan. Hal ini ditegaskan Direktur Badan Usaha SPAM, Fasilitas, dan Lingkungan, Iyus Rusmana, yang menyebut bahwa perbaikan

3 December 2025

BP Batam Tekankan Kepastian Usaha dan Peran Logistik dalam Pertumbuhan Ekonomi Batam

Badan Pengusahaan (BP) Batam menekankan peningkatan kepastian usaha dan pentingnya perbaikan logistik sebagai kunci daya saing Batam. Hal itu disampaikan Direktur Investasi, Dendi Gustinandar dalam forum Indonesia International Transport Summit

28 November 2025

RSBP Batam Raih Penghargaan Trusted Achievement Award 2025 di Yogyakarta

Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam (RSBP Batam) kembali menorehkan prestasi membanggakan pada ajang Trusted Achievement Award 2025 yang diselenggarakan oleh 5 Pilar Media Communication di Sahid Yogyakarta, Jumat (21/11/2025). Pada

27 November 2025

BP Batam Komitmen Benahi Pelayanan Perizinan, Dorong Kemudahan Berinvestasi

Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar kegiatan ramah tamah bersama para investor dan pelaku usaha pada Senin (24/11/2025). Pertemuan ini menjadi ruang dialog terbuka untuk menyampaikan perkembangan terbaru terkait PKKPRL serta

25 November 2025

Share:

Cari Informasi di BP Batam

Temukan layanan, Berita, atau informasi publik.