Arus Mudik Lebaran Melonjak, Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan di Batam

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar meninjau secara langsung kesiapan fasilitas dan pelayanan arus mudik tiga pelabuhan di Batam pada Rabu (19/4/23).

Ia menyatakan peninjauan ini untuk memastikan Pelabuhan yang ada di Batam siap digunakan dalam menyambut para pemudik lebaran tahun ini.

”Hari ini tiga Pelabuhan dipadati oleh para pemudik, di antaranya Pelabuhan Domestik Sekupang, Pelabuhan Telaga Punggur dan Pelabuhan Pelni Batu Ampar. Jumlah penumpang terus meningkat dari hari-hari sebelumnya,” katanya.

Ia menilai hari ini merupakan puncak arus mudik Lebaran dan para pemudik sangat membludak.

“Kondisi di Pelabuhan Telaga Punggur untuk tujuan Pelabuhan Sei Tenam Daik dan Pelabuhan Jagoh, Dabo Singkep, sangat ramai. Banyaknya peningkatan jumlah penumpang, sehingga ada penambahan sebanyak dua kapal,” ujar Dendi.

Sementara, kondisi Pelabuhan Sekupang sejak pukul 03.00 WIB sudah dipadati oleh para penumpang. Kondisi di Pelabuhan Sekupang berjalanan baik dan lancar.

Lebih lanjut, Dendi juga mengimbau kepada para pemudik untuk selalu mengikuti aturan yang berlaku terutama keselamatan dan keamanan sehingga dalam perjalananya aman dan lancar.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala PT Pelni Cabang Batam, Teuku Muhammad Iqbal mengatakan puncak arus mudik tepat pada tanggal 19 April 2023.

“Hari ini merupakan puncak arus mudik. Sebanyak 1.247 penumpang KM Kelud asal Pelabuhan Belawan Sumatera Utara tiba di Pelabuhan Batu Ampar Batam pada Rabu (19/4/2023) pukul 14.00 WIB,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pada hari yang sama, 3.544 penumpang akan bertolak pukul 18.00 WIB dari Pelabuhan Batu Ampar Batam ke Pelabuhan Belawan Sumatera Utara.

“kita menghitung adanya kenaikan dari tahun lalu mencapai 50 persen, dikarenakan tahun lalu masih diberlakukan pembatasan PPKM. Sedangkan tahun ini, sudah dibuka semua rute perjalanan dan persyaratan lebih dipermudah,” pungkasnya.

Batam, 20 April 2023

Bagikan: