Bandara Hang Nadim Disiapkan untuk Dukung Kegiatan Ekspor dan Impor

BP Batam - Bandara Hang Nadim akan dirancang menjadi sebuah kawasan hub logistik. Bandara yang dikelola oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam ini, memiliki nilai yang sangat strategis sebagai gerbang transportasi udara dalam bisnis dan perdagangan.

Saat ini, BP Batam telah merampungkan pembangunan Taxiway dan Apron 04. Pembangunan Apron sebagai penunjang gedung kargo untuk menambah daya saing Batam, yang diproyeksikan akan menunjang Bandara Hang Nadim Batam menjadi Bandara Hub-Logistik.

BP Batam telah mencatat bahwa terdapat 26 kawasan industri yang telah tersebar di seluruh Batam. Beberapa kawasan industri melakukan pengiriman barang berorientasi pada ekspor dan di antaranya yang mendatangkan barang atau impor barang bakunya melalui udara.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, pembangunan bandara ini untuk menyiapkan sewaktu-waktu nanti menjadi bandara yang tidak hanya untuk penumpang, tetapi juga dapat menjadi hub logistik,” ujar Muhammad Rudi

Diketahui apron kargo yang telah selesai dibangun itu, memiliki panjang 500 meter dan lebar 168 meter yang mampu menampung 5 pesawat berbadan besar, yaitu pesawat Boeing-777.

Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Syahril Japarin, mengatakan, kegiatan ekspor dan impor selama ini tidak langsung dari bandara Batam.

“Karena itu kita harapkan, ini akan kita persiapkan untuk ke depan agar bisa mengakomodir impor dan ekspor langsung dari Bandara Hang Nadim. Sehingga dengan demikian biaya logistiknya turun dan daya saing kita akan semakin tinggi nantinya,” kata Syahril Japarin.

Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, juga mengemukakan, untuk mendukung kegiatan logistik, maskapai dalam kegiatan ini mulai dipersiapkan dan akan menggerakkan maskapai dalam negeri untuk mengonsolidasikan jumlah kargo yang cukup di berbagai destinasi atau tujuan yang akan dituju.

Ia menambahkan, maskapai yang sudah berkomit di antaranya Garuda dan Lion.

Harapannya kegiatan ekspor dan impor yang sedang dipersiapkan ini, akan membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat Batam dan juga Indonesia. (mh/humas)

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Emergency Numbers

Nomor telepon Pemadam Kebakaran

PBK Batu Ampar

PBK Duriangkang

PBK Sekupang

PBK Sagulung

PBK Sei Panas

Nomor Telepon RS BP Batam

Fire Department phone number

Batu Ampar Fire Prevention Center

Duriangkang Fire Prevention Center

Sekupang Fire Prevention Center

Sagulung Fire Prevention Center

Sei Panas Fire Prevention Center

BP Batam Hospital Phone Number