KEK Batam Aero Technic Terobosan di Industri Penerbangan

Posisi Batam yang berada di jalur emas lalu lintas sungguh sangat menguntungkan bagi para investor. Jalur perdagangan laut yang dimiliki oleh Batam memiliki fungsi dan peran penting untuk mendukung lalu lintas perdagangan dunia. Namun, Batam tidak hanya mempunyai keunggulan di bidang maritim. BP Batam juga mengembangkan peluang investasi di bidang transportasi udara. Hal ini berpijak pada status Bandar Udara Internasional Hang Nadim. Dukungan infrastruktur serta gagasan pengembangan kawasan bandar udara menjadi sebuah terobosan yang dilakukan. Salah satu perwujudannya adalah dengan adanya KEK Batam Aero Technic yang beberapa waktu lalu sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Keberadaan KEK Batam Aero Technic beriringan dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah di ranah industri penerbangan. Berdasarkan proyeksi bisnis dan investasi di bidang industri penerbangan, pada tahun 2034, Indonesia akan masuk ke dalam 5 besar industri penerbangan dunia. Bahkan menurut data yang dirilis oleh International Air Transport Association (IATA), diprediksi adanya lonjakan penumpang di Indonesia. Diperkirakan pada tahun 2034, akan ada sekitar 270 juta penumpang yang memilih transportasi udara.

Faktor kecepatan memang tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu daya tarik bagi para pengguna layanan penerbangan. Apalagi jika Anda sebagai investor yang memiliki mobilitas tinggi, tentunya akan menggunakan jasa penerbangan lebih intens untuk melakukan perjalanan bisnis. Meningkatnya jumlah penumpang pastinya dibarengi dengan pertambahan jadwal penerbangan. Kebutuhan jumlah armada pesawat terbang juga semakin meningkat pesat. Masing-masing maskapai akan berusaha untuk memberikan pelayanan maksimal bagi para penumpangnya.

KEK Batam Aero Technic dan Sebuah Harapan

Proyeksi cerah di industri penerbangan membuat pemerintah dan BP Batam mengambil langkah cepat untuk mendongkrak investasi. Kawasan Ekonomi Khusus Batam Aero Technic dijalankan sebagai proyek mercusuar sekaligus mendukung ekosistem penerbangan di tanah air. KEK Batam Aero Technic berfokus kepada pemeliharaan dan perbaikan pesawat terbang. Kawasan ekonomi khusus ini didesain untuk mendukung industri aviasi yang ada di nusantara. Hal ini perlu dilakukan untuk melakukan penghematan pengeluaran maskapai. Karena selama ini, maskapai tanah air sangat bergantung pada jasa perbaikan dan perawatan dari industri MRO luar negeri. Setiap tahunnya, sebanyak Rp 26 triliun mengalir ke luar negeri hanya untuk memperbaiki dan merawat pesawat terbang.

KEK Batam Aero Technic Kawasan Ekonomi Khusus Terobosan di Industri Penerbangan

Selain membidik pasar dalam negeri, KEK Batam Aero Technic juga menyasar kawasan Asia Pasifik. Diperkirakan sejumlah 12.000 armada pesawat terbang berada di kawasan Asia Pasifik. Ditaksir pada tahun 2025, akan diperoleh nilai bisnis senilai 100 miliar dolar AS. Target yang ditentukan juga didukung pula oleh kemampuan mumpuni yang dimiliki oleh Batam Aero Technic. Saat ini, Batam Aero Technic mampu memberikan perawatan untuk pesawat terbang dengan jenis Airbus 320, Boeing 737 series, Airbus 330, Hawker 800/900 XP, dan ATR 72 500/600.

Sebuah inovasi sekaligus terobosan telah dilakukan oleh BP Batam di kancah internasional. Batam Aero Technic adalah sebuah oase bagi para investor. Sebuah tawaran yang bisa diambil bagi Anda para investor yang tertantang menanamkan investasi di bidang aviasi. Dalam jangka panjang, KEK Batam Aero Technic akan mampu menambah devisa negara. Dalam rentang waktu 15 tahun ke depan, angkatan kerja yang dibutuhkan akan mencapai 12-15 ribu orang. Sedangkan hingga saat ini, kebutuhan pekerja di bidang aviasi belum bisa dipenuhi secara maksimal. Industri penerbangan di Indonesia adalah sebuah potensi yang harus dikembangkan dari waktu ke waktunya. Termasuk juga infrastruktur yang mendukung di dalamnya. KEK Batam Aero Technic adalah sebuah langkah awal bagi industri penerbangan Indonesia untuk segera lepas landas dan bersaing dengan industri MRO di kancah internasional.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Emergency Numbers

Nomor telepon Pemadam Kebakaran

PBK Batu Ampar

PBK Duriangkang

PBK Sekupang

PBK Sagulung

PBK Sei Panas

Nomor Telepon RS BP Batam

Fire Department phone number

Batu Ampar Fire Prevention Center

Duriangkang Fire Prevention Center

Sekupang Fire Prevention Center

Sagulung Fire Prevention Center

Sei Panas Fire Prevention Center

BP Batam Hospital Phone Number