Kebakaran di Sebuah Pabrik, Petugas Pemadam Kebakaran bahu-membahu Padamkan Api

Sebuah kebakaran bangunan terjadi pada Rabu (19/8) malam, sekira pukul 20:15 WIB.

Pabrik kertas PT Dehong Paper Industry, yang berada di Kawasan Industri Executif Batam Centre yang membuat/mengolah bahan kertas karton ball press, mengalami musibah kebakaran.

Kasubdit Mitigasi dan Penanggulangan Kebakaran, Barlian Untoro, menjelaskan, berdasarkan informasi yang disampaikan oleh petugas security perusahaan, kebakaran diduga akibat adanya korsleting arus listrik. Hal ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Sebelumnya sejumlah pekerja perusahaan sudah berusaha mencoba memadamkan api dengan menggunakan APAR, kemudian menggunakan kendaraan pemadam kebakran yang berada di kawasan industri executif, namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil untuk memadamkan kebakaran di area tersebut.

Barlian menjelaskan, setelah adanya laporan kebakaran yang diterima pihaknya pada pukul 20:30 WIB melalui call center Subdit MPK BP Batam, yaitu 08116060113, selanjutnya seketika itu juga, PBK BP Batam mengerahkan armada pemadam kebakaran dan berkoordinasi dengan Damkar Pemko Batam untuk menuju ke lokasi kebakaran.

Setibanya di lokasi, keadaan api sudah membesar, di mana hampir seluruh bahan kertas ball press sudah terbakar. PBK BP Batam melakukan pemadaman dan blocking area untuk mengantisipasi  perpindahan panas (heat transfer) ke area bangunan lainnya, yaitu bagunan genset di area kawasan industri dan perusahaan pembuat matras springbed.

Proses penanggulangan kebakaran ini melibatkan PBK BP Batam, PBK Pemko Batam, Polresta Barelang dan Polda Kepulauan Riau yang terus berusaha memdamkan api yang berkobar di area tersebut.

Sejumlah kendaraan dan peralatan penanggulangan kebakaran pun dikerahkan. PBK BP Batam saat kejadian mengerahkan 1 unit mobil tanki , 4 unit mobil PK. Damkar Pemko Batam mengerahkan 2 unit mobil tanki dan 3 unit PK, serta armada AWC Polresta 3 unit dan armada AWC Polda 2 unit.

Barlian menjelaskan, sampai dengan Hari Kamis (20/8/2020) pukul 15:45 WIB, petugas pemadam kebakaran masih melaksanakan pemadaman dengan dibantu alat berat kobelco untuk mengurai tumpukan ballpers kertas kardus sambil melakukan penyemprotan.  

Sejumlah personil PBK BP Batam dan Damkar Pemko Batam masih tetap berjaga sampai situasi aman terkendali. (cc)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Nomor telepon Pemadam Kebakaran

PBK Batu Ampar

PBK Duriangkang

PBK Sekupang

PBK Sagulung

PBK Sei Panas

Nomor Telepon RS BP Batam