Laboratorium Uji

Badan Pengusahaan (BP) Batam memiliki tugas untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup sebagai salah satu syarat sebuah kawasan investasi yang berdaya saing tinggi, sebagai lembaga yang melaksanakan pengelolaan, pengembangan dan pembangunan di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Guna mewujudkan kawasan investasi yang berwawasan lingkungan, BP Batam membangun sebuah laboratorium pengujian pada 2009 yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan Nomor LP-746-IDN yang berlokasi di kawasan Politeknik Negeri Batam.

Adapun pendirian laboratorium pengujian ini didasarkan pada kebijakan Uni Eropa (EU) terkait larangan Restriction of The Use of Certain Hazardous Substance (RoHS) terhadap penggunaan 6 bahan berbahaya, dan pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Mainan Anak.

Di samping pengujian scrap yang terkontaminasi, dan pengujian RoHS pada komponen elektronika, serta pendukungnya, Laboratorium Uji BP Batam melayani pengujian limbah industri cair dan padat.

Pengujian kepada industri dilakukan Laboratorium Uji BP Batam guna memenuhi ketentuan pengaturan, sehingga para pengguna jasa laboratorium yang berada di Batam tidak lagi mengirimkan sampel ke laboratorium di luar Batam.

Adapun jenis sampel yang dapat diuji di Laboratorium Uji BP Batam antara lain:

  1. Sampel Cair;
  2. Sampel Padat seperti: bijih plastik, plastik, komponen elektronika, dan logam.

Laboratorium Uji BP Batam telah dilengkapi dengan instrumen kimia yang terkalibrasi dengan baik, dan memiliki tim analis yang sudah terlatih untuk melakukan analisis dasar maupun dengan instrumentasi kimia. 

Instrumen-instrumen kimia tersebut, berupa X-Ray EDX 8000, Hydride Vapor Generator (HVG-I), Atomic Absorbtion Spectrophotometer (AAS), UV-Vis Spectrophotometer, Forier Transform Infrared (FTIR), Microwave Digestion, ICP OES Optima 8300,  Flow Injection Mercury System (FIMS), Grinding untuk Polimer, dan lainnya.

Laboratorium Uji BP Batam menerapkan standar jaminan mutu yang mengacu kepada ISO 17025 sebagai bentuk dari pelayanan prima kepada konsumen.

Laboratorium Uji BP Batam mengusung visi, yakni menjadi laboratorium pusat penelitian serta rujukan untuk metode-metode yang dikembangkan dalam berbagai bidang kimia analisis, dengan memberikan pelayanan yang profesional dan terpercaya, guna memantapkan posisi Batam sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berdaya saing tinggi, serta lokomotif pembangunan nasional.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan yang terdapat di Laboratorium Uji BP Batam, Anda dapat langsung dengan informasi dibawah ini:

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Nomor telepon Pemadam Kebakaran

PBK Batu Ampar

PBK Duriangkang

PBK Sekupang

PBK Sagulung

PBK Sei Panas

Nomor Telepon RS BP Batam